Sasaran Strategi

1) Meningkatkan mutu pendidikan dan pengajaran.
Meningkatan mutu pendidikan dan pengajaran dapat ditempuh dengan cara meningkatkan mutu lulusan di Prodi KPI Universitas Serambi Mekkah. Selain itu juga dapat dicapai dengan meningkatkan mutu proses pembelajaran, meningkatkan fasilitas belajar mengajar, meningkatkan jumlah dan mutu staff pengajar, serta meningkatkan aktivitas penunjang di luar kampus bagi mahasiswa dan dosen.

2) Meningkatkan kualitas penelitian, praktik lapangan, dan pengabdian pada masyarakat.
Meningkatan kualitas penelitian, praktik lapangan, dan pengabdian masyarakat dapat ditempuh dengan memberikan dukungan penuh bagi mahasiswa yang ingin melakukan penelitian, memilihkan tempat-tempat/lembaga/komunitas/industri media massa sebagai sarana bagi mahasiswa untuk praktik lapangan, serta memfasilitasi minat mahasiswa untuk melakukan aktivitas dakwah. Hal ini tidak hanya bermanfaat bagi mahasiswa dan lulusan, namun juga bermanfaat bagi lembaga/komunitas/industri media dan bahkan masyarakat.

3) Meningkatkan kualitas pelayanan manajemen di lingkungan civitas akademik Prodi KPI dan Fakultas.
Meningkatkan kualitas pelayanan manajemen di lingkungan civitas akademik prodi atau fakultas dapat ditempuh dengan menambah kualitas pelayanan SDM yang terlibat dalam civitas akademik, temasuk dosen, mahasiswa, maupun staff administrasi. Hal lain yang bisa dilakukan dengan menerapkan sistem perencanaan dan manajemen secara terpadu, sehingga menciptakan lingkungan akademik yang nyaman dan memiliki sistem yang baik